Minggu, 01 November 2020

Membuat Executive Summary Idea Business Dan Contohnya (tugas 5 kewirausahaan)

 Membuat Executive Summary Idea Business Dan Contohnya

 

Executive Summary Idea Business

 

Executive summary atau ringkasan berkas yang berfungsi sebagai highlight dan berperan penting dalam business plan untuk dapat menentukan pengambilan keputusan dalam melakukan mitra. Fungsinya agar pembaca tertarik dengan rencana bisnis yang dibuat Elemen-elemen yang ada pada executive summary adalah seperti bisnis apa yang akan dibuat, kapan rencana akan beroperasinya, dimana lokasi bisnis akan dilakukan, dan lain lainya.

 

Berikut contohnya my idea mbc :

 

Homemade Nasi Mentai Berkualitas, Ekonomis Dan Sehat

 

Dengan perkembangannya zaman sekarang ini, tidak jarang banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya ditemukan dan kita ketahui. Sebagian masyarakat kelas menengah bawah, mereka kebayakan berperdoman dengan memilih makanan yang rasanya enak dan murah di kantong. Dua hal itulah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli ataupun memilih makanan. Namun, mereka tidak terlalu memikirkan kandungan apa yang terdapat dalam makanan tersebut. Karna hal itulah kami ingin membuat makanan yang memiliki rasa yang enak, harga ekonomis dan paling terpenting adalah kualitas bahan aman dan sehat untuk dikonsumsi.

 

Dari uraian di atas sangat potensial bila kami mengembangkan usaha homemade nasi mentai, karna sebagian dari masyarakat local sangat menyukai makanan yang sederhana, memiliki rasa yang enak dan harga cukup murah. Nasi mentai ini memiliki beraneka ragam menu, sehingga konsumen dapat memilih menu yang sesuai dengan kesukaan mereka. Selain itu, homemade nasi mentai ini juga dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik untuk sarapan pagi hari, siang hari, maupun malam hari. Homemade nasi mentai sangat lah cocok untuk para ibu rumah tangga, pelajar, ataupun mahasiswa untuk dijadikan sebagai makanan sehari hari yang praktis dan siap saji.

Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha homemade nasi mentai dan dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli homemade nasi mentai kami.

Berikut analisis pasar kami :

1. Target Penjualan

Usaha ini berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama, seperti Alun-alun dan tempat keramaian lainnya. Atau yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar. Jika sudah cukup berkembang kami akan membuat tempat ruko atau cafe makanan dengan menu utama nasi mentai.

2. Sasaran Konsumen

Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikan pun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu Rp15.000/Pcs.

Investasi awal yang butuhkan untuk membangun usaha ini diperkirakan sebesar Rp.1.000.000 dengan hanya membutuhkan stand untuk berjualan atau juga bisa rumah. pendapatan dari hasil panen perbulan Rp.2.000.000 dengan komoditas utama berupa nasi, daging, dan sayur.


5 blok pertama dari BMC :

1. Customer Segments, bisnis model kanvas ini adalah menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis

2. Value Proposition merupakan keunggulan produk, poin poin apa saja yang dapat mendatangkan manfaat yang ditawarkan perusahaan bagi customernya.

3. Channels, adalah media yang digunakan atau bagaimana cara anda bisa menyampaikan produk kepada konsumen.

4. Customer Relationships merupakan elemen dimana perusahaan menjalin ikatan dengan pelanggannya.

5. Revenue Streams, adalah bagaimana perusahaan memperoleh pendapatan dari pelanggan.

 

Berikut 5 blok pertama BMC untuk nasi mentai :

1.) Customer Segments :

a. Ibu rumah tangga

b. Remaja

c. Pegawai

d. Pelajar/mahasiswa/i

2.) Value Proposition :

a. Menawarkan makanan praktis

b. Menyajikan makanan sehat siap santap berbahan dasar nasi, daging, dan sayur

3.) Channels :

a. Poromosi melalui Social media (instagram, twitter, blog, dll)

b. Promosi kepada orang terdekat

c. Membagikan kertas brosur

4.) Customer Relationships :

a. Diskon

b. promo harga grosir

5.) Revenue Streams :

a. Penjualan makanan nasi mentai siap saji

b. Pendapatan dari Cabang atau mitra

c. Jasa katering jumlah besar

Bagikan

Jangan lewatkan

Membuat Executive Summary Idea Business Dan Contohnya (tugas 5 kewirausahaan)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.