Isi artikel ini akan membahas tentang kemitraan bisnis, apa itu kemitraan bisnis? berikut saya akan menjelaskan mulai dari pengertian apa itu kemitraan bisnis, tujuan, manfaat, jenis jenis, strategi kebijaksanaan kemitraan usahan dan lain sebagainya.
1.1 Pengertian Kemitraan Bisnis
Kemitraan atau partnership bisnis adalah jalinan kerja usaha bersama yang mengacu pada keseimbangan, keselarasan, saling menguntungkan dan saling memperkuat antara kedua belah pihak yaitu antara pihak pengusaha/kelompok kecil dan pengusaha besar dalam keterkaitan bisnis.
1.2 Tujuan kemitraan Bisnis
Secara lebih rinci tujuan kemitraan meliputi beberapa aspek, diantaranya ada 2 aspek yaitu :
a) Tujuan dari aspek ekonomi
Dalam kondisi yang ideal, tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kemitraan secara
lebih kongkrit yaitu :
1. Meningkatkan pendapataan usaha mikro, kecil, sedang, usaha besar
2. Meningkatkan perolehan nilai tambah bagi pelaku kemitraan
3. ketahanan usaha dalam menghadapi persaingan bisnis global serta saling melindungin kedua belah pihak.
b.) Tujuan dari aspek sosial
Pembimbingan terhadap pengusaha kecil atau usaha menengah kebawah dengan bimbingan serta pembinaan yang diharapkan pengusaha kecil bisa tumbuh dan berkembang sebagai komponen ekonomi yng tangguh dan mandiri. .
1.3 Manfaat kemitraan usaha yaitu :
a. menciptakan kebersamaan dan penguatan antara kedua pihak usaha
b. meningkatkan kualitas antara kedua belah pihak mitra
3. memenuhi kebutuhan dalam menjaga kinerja perusahaan
1.4 Jenis Kemitraan
Dalam Kemitraan usaha, dapat dilihat beberapa jenis kemitraan, antara lain:
1. Dilihat dari posisi pelaku yang bermitra, maka kemitraan dapat
dibedakan atas:
a) Kemitraan vertikal
Kemitraan antara beberapa perusahaan yang memiliki tahap atau tingkatan kegiatan produksi yang berurutan, dari tahap paling awal sampai tahap produksi akhir.
b.) Kemitraan horizontal
Kemitraan dari sejumlah perusahaan yang memiliki kegiatan usaha atau yang menghasilkan produk yang sama atau sejenis.
Contoh: Kemitraan antara perusahaan-perusahaan yang menghasilkan produk sepatu
1.5 strategi kebijaksanaan kemitraan usaha
1. hubungan timbal balik antara belah pihak
2. kedua perusahaan mengembangkan strategi jangka panjang bersama dengan tujuan mencapai kemimpinan dunia dengan mengusahakan biaya rendah
Penerapan kemitraan usaha dalam bisnis usaha saya
saya memilih menerapkan "sistem booth" dengan begitu membuat pelaku usaha tidak wajib menyewa bangunan khusus yang besar sebagai tempat usaha. Booth dapat ditaruh di teras atau di depan toko atau kawasan yang strategis.
Selain itu, tidak butuh tenaga kerja yang besar sehingga dapat dilakukan sendiri. Sebaliknya, jika ingin menjadikan usaha tersebut sebagai sampingan, pelaku usaha tidak perlu memperkerjakan banyak karyawan atau tidak perlu turun tangan langsung.