Judul: Peran Sistem Informasi dalam Implementasi Total Quality Management
A. Latar Belakang
Dalam suatu organisasi pada masa kini, keberadaan teknologi informasi (TI)
sudah menjadi sesuatu yang sangat wajib untuk dipahami dan dikuasai oleh
siapapun yang menjadi anggota dari organisasi tersebut. Hal ini dikarenakan TI
memudahkan siapapun untuk melakukan manajemen dari seluruh aktivitas yang
dilakukan di dalam organisasi tersebut secara lebih cepat, tepat sasaran,
sistematis, dapat dipertanggungjawabkan dan fleksibel, sehingga ini
memungkinkan terjadinya peningkatan kinerja yang dapat mendukung tercapainya
tujuan dari organisasi tersebut. Salah satu solusi berbasis TI yang tepat untuk
ini adalah dengan mengimplementasikan penggunaan perangkat lunak sistem
informasi (SI) manajemen pada seluruh tingkat organisasi.
Sementara itu, Total Quality Management (TQM) merupakan metode manajemen
yang mengedepankan kualitas sebagai bagian terpenting dari seluruh proses dalam
suatu organisasi. Metode TQM ini menuntut seluruh partisipan dalam organisasi
tersebut untuk bekerja secara maksimal, yang dimana tujuan utama dari metode
ini sendiri yaitu memberikan kepuasan kepada konsumen, yang pada akhirnya akan
berujung kepada kesuksesan dari organisasi tersebut, serta menguntungkan
seluruh anggota organisasi maupun masyarakat yang ada di sekitarnya.
Dalam jurnal yang akan dibahas pada kesempatan kali ini, penulis dari
jurnal tersebut membahas tentang bagaimana peran SI dalam penerapan metode TQM
di organisasi, yang dimana objek penelitian yang dipergunakan yaitu manajer
departemen operasional dari perusahaan-perusahaan berbeda yang beroperasi di
Sohar Industrial State di negara Oman.
B. Masalah
Pada jurnal ini, masalah yang diangkat adalah bagaimana SI dapat
menunjukkan perannya dalam memberi bantuan dan dukungan terhadap proses dari
TQM yang diterapkan di berbagai perusahaan yang beroperasi di Sohar Industrial
State. Hal ini dikarenakan pada saat penelitian dilakukan perusahaan yang
menjadi objek penelitian telah atau sedang melakukan penerapan SI dalam
mendukung penerapan TQM. Untuk itu, penelitian ini ditujukan untuk mengukur
efektivitas dari SI pada TQM di perusahaan yang menerapkan metode manajemen
tersebut.
C. Hasil
Hasil yang didapat dari penelitian pada jurnal yang dibahas kali ini yaitu
SI memudahkan penerapan TQM dalam hal manajemen hal-hal yang berkaitan dengan
informasi dan analisa, penjaminan kualitas output, kepuasan pelanggan,
perencanaan berbasis strategi dan kepemimpinan. Meskipun dalam jurnal ini
dinyatakan bahwa penggunaan SI sebagai alat bantu dukungan terhadap dimensi
hasil kualitas dan penjaminan kualitas pada penelitian ini tidak terlalu
berefek besar, namun berdasarkan penelitian ini pula penulis dari jurnal
menyatakan bahwa SI dapat membantu suatu perusahaan untuk meningkatkan kualitas
dari produk atau layanan yang ditawarkan mereka.
Adapun yang dapat dijadikan sebagai sasaran dari SI untuk penerapan TQM
berdasarkan hasil yang dikemukakan pada jurnal ini di antaranya yaitu:
1. Memodifikasi proses kerja untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas
produk
2. Menjamin kelancaran aliran informasi serta hasil dari beragam analisa
yang dibutuhkan untuk peningkatan kualitas manajemen maupun produktivitas lrrja
3. Membantu staf untuk mengembangkan dan merawat basis data yang berisi
seluruh informasi yang terkait dengan pegawai, perusahaan, pemasok, pelanggan,
dan sebagainya
D. Komentar
Berdasarkan hasil review dari jurnal ini, penulis dari review ini (selaku
pemilik dari blog) ingin menyampaikan komentar tentang keunggulan dan
kekurangan yang didapat dari jurnal:
1. Keunggulan - jurnal ini memiliki keunggulan berupa pembahasan yang
mendalam tentang metode TQM dan SI berikut dengan hubungan antara keduanya.
Selain itu, alur dari pembahasannya (berikut dengan data yang dipergunakan
untuk melakukan penelitian tersebut) dibuat dengan mengikuti fakta-fakta yang
ada pada saat penelitian dilakukan, dan hasil yang didapat dari penelitian ini
bersifat empiris alias dapat mewakili apa yang terjadi di lapangan secara baik.
Alhasil jurnal ini dapat membuktikan beberapa studi kasus yang dilakukan pada
periode sebelum penelitian yang menghasilkan jurnal ini dilakukan.
2. Kekurangan - meskipun pembahasan tentang metode TQM dan SI berikut
dengan hubungan antara keduanya di bagian pengenalan cukup mendalam, namun pada
bagian ini pula ditemukan kekurangan paling utama dari jurnal ini, yaitu
pembahasan dimensi dari studi yang terlalu panjang. Jika ada sebagian poin
pembahasan metode TQM dan SI yang dipindahkan ke bagian pembahasan hasil
penelitian, maka pembaca dari jurnal ini dapat membandingkan antara apa yang
diprediksi (teori) oleh penulis dengan apa yang didapatkan (praktik) dari
lapangan secara lebih baik.
=========================================================================
Sumber:
1. Jurnal
http://thescipub.com/PDF/ajassp.2012.666.672.pdf
Bagikan
Review Jurnal Manajemen Layanan SI - SI dan Total Quality Management
4/
5
Oleh
TRUE SKY